Penyebab Koneksi Internet Lelet


Akibat Topan Morakot

Akibat Topan Morakot

Ternyata kekejaman Topan Morakot yang menewaskan kurang lebih 700 orang di taiwan, kini mulai mengusik pengguna internet di Asia Tenggara. Karena Topan ini diduga telah memutuskan kabel koneksi internet jaringan internasional yang berada di bawah laut antara Taiwan dan China.

Dan dijelaskan oleh Tutut Dwitoto, Network Engineer dari Reach Indonesia, salah satu gangguan yang terdeteksi adalah pada 19 Juli 2009 di sambungan APCN 2 segmen 1. Perbaikan di jalur yang menghubungkan antara Singapura – Malaysia itu sejatinya ditargetkan selesai pada 14 Agustus.

Namun, sebelum itu selesai sudah terjadi lagi gangguan di tempat lain. Yaitu di APCN 2 segmen 7 yang menghubungkan Hong Kong – Taiwan. “Untuk jalur ini sebenarnya ketidakstabilan sudah terasa pada 9 Agustus lalu,” tukasnya kepada detikINET, Kamis (13/8/2009).

APCN 2, menurut Tutut, memang salah satu jalur utama koneksi internet internasional. Sebab, banyak yang mengandalkan link yang menghubungkan Singapura – Hong Kong -Taiwan tersebut.

Ironisnya, cuaca buruk belakangan ini, juga menimbulkan gangguan-gangguan kecil di jalur lain. Seperti di percabangan SMW 3 (South-East-Asia, Middle-East, Western-Europe) yang berada di sekitar Taiwan, EAC (East Asia Crossing) segmen 2A1 yang menghubungkan Singapura – Hong Kong dan flag di sekitar Hong Kong – Taiwan.

“Kalau yang EAC 2A1 itu gangguannya terjadi pada 6 Agustus. Tapi ada juga di segmen D pada 8 Agustus dan C pada 9 Agustus. Jadi sebenarnya banyak gangguan yang terjadi,” jelasnya.

Pun demikian, pengguna internet Indonesia tak perlu khawatir dengan maraknya gangguan-gangguan yang terjadi tersebut akan mematikan akses internet mereka. Sebab, penyedia layanan sudah mengambil langkah taktis untuk mencari jalur alternatif (reroute).

Hal ini pun sudah ditegaskan oleh Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Roy Rahajasa Yamin. Menurutnya, gangguan kabel tersebut hanya berefek kecil di Indonesia, karena jalur koneksi langsung di reroute.
End user mungkin akan merasakan kelambatan, tapi gangguan lebih terasa saat kemarin. Tapi sulit juga untuk memastikan bahwa tidak akan ada gangguan lagi,” pungkas Tutut.

sumber: detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: