Jenis Kepribadian


Setiap orang pada umunya memiliki kepribadian yang berbeda-beda, seperti emosional dan tenang. Itu merupakan dua contoh kepribadian yang ada pada manusia, yang mungkin ada pada diri kita ataupun pada orang-orang yang ada disekitar kita.

Kepribadina ini bisa kita lihat dari tingkah laku, gaya bicara, bagaimana orang menghadapi masalahnya dan sebagainya. Apapun dalam diri kita adalah gambaran dari kepribadain kita. Dan setiap orang bisa menilai kepribadainnya sendiri ataupun kepribadian orang lain.

Ini terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti saat kita bergaul. Tanpa kita sadari pasti kita memilih teman yang memilikil kesamaan dengan diri kita untuk memdapatkan kenyamanan. Kesamaan ini memiliki arti luas, mungkin kesamaan cara pandang, hobby ataupun kepribadian. Dalam proses pencarian itu kita secara tidak langsing sedang menilai/membandingakan kepribadain calon teman kita sebelum menetukan teman yang mana yang akan kita pilih untuk menjadi teman kita.

Karena pada dasarnya sesuatu akan menjadi satu/bersatu jika memiliki kesaman. Entah kesamaan itu bersal dari mana, apakah berasal dari perbedaan yang saling mengisi ataupun benar-benar sama dari awalnya. Tapi satu hal ari takan pernah menyatu dengan minyak dan begitu pula sebaliknya.

Namun apapun kepribadain kita, janganlah pernah merasa rendah diri/minder dengan kepribadian yang kita miliki, karena seriap kepribadain memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri-sendiri seperti yang dimukakan oleh Hipocratus (Yunani, 400 SM).

Ada 4 jenis kepribadain yang diungkapkan oleh Hipocratus;
Sanguine
Kepribadian yang berdarah termpramen, perpaduan antara malam, musim semi(basah & panas) dam elemen dari udara klasik.
Seorang sanguineis pada umumnya santai, periang, seorang penghibur, spontanitas mempunyai kemampuan menjadi seorang pemimpin dan percaya dirinya tinggi. Karena itu mereka sedikit arogan, berkuasa tapi pemaaf. Mereka hidup hanya untuk hari ini, artinya mereka hanya menikmati hari ini dan cenderung tidak mempedulikan apa yang telah dan akan terjadi. Mereka juga kekanak-kanakkan dan susah ditebak.

Choleric
Perpaduan antara cairan dan gas empedu, musim panas(kering & panas) dan elemen dari api.
Choleris adalah tipikal seoran pelaku. Mereka memiliki banyak ambisi, energi dan keinginan besar dan terus mencoba dengan cara-cara yang berbeda sebelum mendapatkan apa yang mereka mau. Mereka bisa mendominasi/memanfaatkan orang dari kepribadian lainnya. Khususnya plegmatis. Mereka juga banyak memiliki karakter kemiliteran dan figur politik ada pada seorang choleris, karena itu mereka kadang cenderung kejam dan tidak mempedulikan orang lain yang ada disekitar mereka.

Melancholy
Seorang penyendiri perpaduan antara hitam empedu, musim gugur(kering & dingin) dan elemen bumi.
Melancholis adalah seorang pemikir yang penuh dengan pertimbangan untuk kepentinga mereka sendiri. Kadang sangat baik dan penuh perhatian. Seorang yang memiliki kepribadian ini bisa jadi sangat kreatif dalam berkesenian, tapi juga dapat menjadi sangant pendiam dengan tragedi/kejadian yang terjadi pada dirinya ataupun orang lain. Hal itu bisa membuat mereka depresi. Selain itu,orang yang berkepribadian melancholy cenderung orang yang mendambakan kesempurnaan (perfectionist), menjadikan mereka sangat teliti tentang apa yang mereka mau dan bagaimana mereka menyelesaikannya. Ini sering menjadikan mereka tidak pernah puas dengan sesuatu yangmereka miliki dan selalu memaksakan diri mereka sendiri dengan apa yang mungkin bisa mereka lakukan dan harus meningkatkannya.

Plegmatic
Seorang yang tenang dan tidak emosional, perpaduan antara musim panas (basah & dingin) dan elemen air).
Pada umumnya seorang plegmatic adalah orang yang baik, karena mereka cenderung mengikuti arus dan tidak neko-neko. Kepribadian mereka yang pemalu cenderung membuat mereka tidak mau turut campur dengan hal-hal yang bersifat umum/sosial, dan cenderung membuat mereka malas dan tidak mempunyai kemauan untuk merubah itu. Tapi satu hal mereka sangat konsisten, tenang, logis, setia dan teliti. Hal itu menjadikan mereka sangat cocok untuk menjadi seorang pengelola atau pemimpin yang netral.

Dan empat kepribadian di atas pada dasarnya dimiliki setiap manusia. Sekarang masalahnya adalah mana salah satu dari empat kepribadian di atas yang mendominasi dan ada pada diri kita. Dan bagaimana kita memanfaatkan kelebihan dari kepribadian yang ada pada diri kita.

Setiap hal yang ada di dunia pasti ada baik dan buruknya. Tinggal bagaimana kita memandangnya, baik/buruk. Jika kita memandangnya baik, kemungkinan besar akan menjadi baik pula dan begitu pula sebaliknya. Karena hidup adalah sebuah pilihan….

By fr

4 Responses

  1. jangan” lo punya kepribadia ganda lagi??

    ato jangan” kepribadian Auties??
    wakakakakkkk..

    just kidd ah!

    salam blogger!
    di tunggu kunjungan baliknya..

    • ga cuma ganda tapi
      dah jadi catur alias 4 kepribadian tapi yang dominan hanya satu…

  2. tau karakter kita bisa membantu kita dalam menikmati hidup

    • yah anda tepat sekalli…
      karena dengan tau kepribadian kita bisa bertindak sesuai dengan kepribadian yang kita ppunya tapi tetap menyenagkan bagi orang lain…

      semangat…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: